Penyebab Diare dan Obat untuk Mengatasinya

Diare adalah kondisi yang membuat siapa saja merasa tidak nyaman, apalagi jika itu terserang pada anak-anak. Untuk itulah jika terjadi diare, gunakan obat diare pada anak alami resep dokter untuk mengobatinya. Jangan gunakan obat diare yang dijual bebas karena bisa saja itu membahayakan kondisi tubuh anak Anda. Apa sajakah penyebab diare dan obat yang bisa mengatasinya?

Penyebab Diare

Diare kronis ditandai oleh feses yang encer selama 4 minggu atau lebih. Gejala lain yang bisa Anda temukan, termasuk:

  • Kembung
  • Peningkatan frekuensi buang air besar
  • Ingin selalu untuk buang air besar
  • Keram perut
  • Mual

Berikut ini adalah penyebab mengapa diare bisa menyerang seseorang :

  1. Asupan alkohol yang berlebihan, serta gula tertentu dan pemanis buatan, dapat menyebabkan diare.
  2. Asupan alkohol atau kafein berlebihan. Minum alkohol dalam jumlah besar atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau cola dapat menyebabkan feses menjadi encer dan berair.
  3. Gula dan pemanis buatan tertentu diketahui menyebabkan diare. Jika seseorang mengkonsumsi zat-zat manis ini setiap hari, mereka dapat menyebabkan diare kronis. Contoh gula dan pemanis buatan tersebut meliputi:
  4. Sorbitol, pengganti gula bebas kalori ini digunakan dalam permen, permen karet, dan barang-barang bebas gula.
  5. Mannitol, mirip dengan sorbitol, pemanis ini dapat memiliki efek pencahar.
  6. Fruktosa, gula alami ini ditemukan dalam buah dan madu. Buah dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare karena kandungan fruktosa yang tinggi. Ini juga dapat ditambahkan ke permen dan soda.
  7. Laktosa, gula alami yang ditemukan dalam produk susu yang dapat menyebabkan diare kronis pada orang yang tidak dapat mencernanya. Sekitar 65 persen orang di seluruh dunia memiliki masalah mencerna laktosa.

Obat diare resep dokter yang bisa Anda gunakan adalah loperamide (imodium), bismuth subsalicylate atau oralit.  Nah, untuk Anda yang memiliki penyakit vertigo, Anda harus berhati-hati minum obat diare.  gejala vertigo dan cara mengatasinya perlu Anda ketahui agar tidak membahayakan kondisi tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *