Liposuction merupakan penyedotan lemak pada bagian tubuh tertentu, berikut pengertiannya

Sedot lemak atau liposuction merupakan suatu tindakan pembedahan yang dapat dilakukan dengan cara menyedot lemak pada bagian tubuh tertentu, hal tersebut biasanya dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Dokter spesialis bedah plastik, RS. Pondok Indah, Jakarta, dr. Teuku Fitrian Sp.BP* atau yang akrab disapa dr. Tompi menuturkan mengatakan bahwasanya tujuan dari sedot lemak bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan hanya digunakan untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah. 

Untuk melakukan beberapa prosedur liposuction tentunya harus memiliki kondisi kesehatan yang optimal sebelum melakukan operasi. Akan tetapi sebelum kita melakukan sedot lemak disarankan pasien harus menghindari rokok dan alkohol serta tidak menggunakan obat pengencer darah. Pasien dengan penyakit penyerta seperti diabetesjantung atau ginjal pada dasarnya bisa saja melakukan operasi tersebut, selama hasil pemeriksaan medis yang terjadi pada pasien berada dalam keadaan yang terkontrol. 

Liposucition merupakan salah satu cara untuk menghilangkan lemak berlebihan pada tubuh, dalam hal ini pada umumnya dilakukan dengan cara melalui diet, olahraga dan pola hidup yang sehat. Namun seiring berkembangnya teknologi, manusia menemukan beberapa cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebut saja liposuction atau biasa dikenal dengan sedot lemak. Sedot lemak diawali dengan menandai area pada bagian tubuh tertentu (marking). dr.Teuku menambahkan, bagian tubuh seperti leherlengan, perut, dada, punggungpinggang atau paha yang merupakan bagian area tubuh yang sering mengalami sedot lemak. 

Langkah berikutnya membuat sayatan kecil pada bagian penandaan dan memasukkan cairan tumescent (larutan campuran lidocain, adrenalin, bicnat dan NaCl) untuk memudahkan proses penyedotan dan mengurangi pendarahan pada pasien. Selain itu, Proses penghancuran lemak dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan laser (vaser), mekanik  (microaire) bahkan secara manual.  Lemak yang diangkat saat proses sedot lemak bergantung pada jumlah cairan tumescent yang diberikan pada tubuh pasien. Pasien sedot lemak dengan proses pembiusan lokal ternyata lebih aman bila mendapatkan kurang dari 5000 cc cairan. Dalam hal ini pasien diperbolehkan pulang tanpa harus melalui rawat inap. Sedangkan bila diperlukan lebih banyak cairan tumescent (lebih dari 5 Liter), pasien tersebut disarankan untuk melakukan rawat inap selama 1-2 hari untuk observasi keadaan umum pasien pasca operasi.  

Hasil sedot lemak akan terlihat lebih maksimal jika pasien melakukan diet dan olahraga secara teratur. Pola makan dan gaya hidup sehat harus tetap dilakukan oleh para pasien untuk mencegah kembali terjadinya penumpukan lemak pada bagian tubuh. Meski hasilnya akan memuaskan, tak sedikit juga teknik sedot lemak atau liposucition merupakan yang menyebabkan komplikasi pada tubuh pasein, seperti infeksi, pendarahan, asimetri, seroma, nekrosis kulit serta kematian. Namun pengerjaan yang teliti oleh tenaga ahli di bidangnya akan menjauhkan pasien dari hal tersebut. 

Kebanyakan dari mereka suka akan hasil dari operasi yang satu ini. Namun, sama seperti prosedur pengobatan lain, beberapa efek samping ternyata dapat terjadi. maka dari itu, pentingnya bagi kita untuk mengetahui batasan dan komplikasi apa yang mungkin terjadi akibat operasi ini.  Sebelum melakukan operasi tersebut, kita harus mempertimbangkan beberapa manfaat dan risiko yang akan terjadi, semua tergantung pada diri kita sendiri. Jangan sampai terpengaruh oleh teman atau dokter untuk melakukannya. Karena hal tersebut merupakan bedah kosmetik, jadi tidak ada alasan mendesak untuk melakukannya. Saran terbaik, angan mudah percaya pada hasil yang terjadi pada orang lain. Akan tetapi kita harus bisa memahami dan memutuskan sendiri risiko yang akan terjadi kebelakangnya nanti. 

Cara lain untuk mendapatkan tubuh ideal sepertihalnya pintar dalam mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur cara tersebut dapat menghancurkan lemak-lemak yang ada di tubuh kita. Penyuntikan cairan tertentu juga dapat menghancurkan lemak yang ada. sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter tentang beberapa jenis obat yang pernah dan sedang kita gunakan. Jika jika terdapat  alergi terhadap pengobatan tertentu sebelum operasi dilakukan, tenemui ahli bedah terlebih dahulu dan melakukan anestesi bersama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita  harus mengikuti petunjuk yang diberikan jika misal diminta untuk tidak makan dan minum sebelum operasi dilakukan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*