Chip Memori Fleksibel

Insinyur dari Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST) telah mengembangkan chip memori elektronik yang dapat ditekuk dan diputar tanpa retak. Chip ini dibuat dengan bahan yang ada dengan harga murah. Seorang memristor, kependekan dari ‘daya tahan ingatan’, memiliki fungsi luar biasa karena dapat ‘mengingat’ jumlah energi yang melaluinya.

Keripik yang fleksibel dan tidak rusak saat jatuh sangat mahal di industri elektronik. Namun, terlepas dari pasar konsumen, chip baru ini juga dapat disesuaikan untuk perangkat medis. Sebagai contoh, seorang pasien perlu pemantauan rutin, chip ini dapat meluncur di bawah kulitnya, yang bertindak sebagai sensor dan terus-menerus memonitor tekanan darah dan kadar gula darah.

Para peneliti di NIST berusaha mengembangkan memori yang tidak hanya bermanfaat, tetapi juga hemat biaya. Proses pengembangan memori fleksibel ini dimulai dengan lembaran polimer yang sama dengan kertas transparan yang digunakan untuk proyektor. Lapisan tipis titanium dioksida diaplikasikan pada permukaan polimer dan metode konvensional pemasangan titanium dioksida membutuhkan penggunaan peralatan yang mahal, insinyur NIST menggunakan teknik yang lebih murah yang disebut “proses solgel”

Leave a comment

Your email address will not be published.


*