Apa Saja Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ginjal?

1. Buah ceri
Sitrat mengurangi asam urat dalam aliran darah, sehingga mempermudah fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman dalam tubuh. Salah satunya adalah buah-buahan kecil yang sering kita jumpai pada kue kue yaitu buah ceri , buah tersebut baik untuk ginjal karena memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B6, magnesium, dan sitrat. Nah bagi kalian yang suka mencari ceri yang manis sebaikya jangan karena semakin asam ceri, menandakan bahwa kadar sitrat pada buah tersebut juga
2. Kayu manis
Dilansir dari Global Healing Center, sebuah studi menegaskan bahwa kayu manis dapat digunakan sebagai suplemen tanpa memperhatikan peningkatan risiko oksalat yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat memperberat kerja ginjal. Oleh karena itu, kelebihan glukosa yang dihasilkan dari penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sehingga kayu manis sangatlah bagus untuk dikonsumsi karenamemiliki manfaat untuk mengatur kadar glukosa.
3. Kumis kucing
Pasti kalian jarang mendengan tentang tanaman kumis kucing kan? Nah tanaman ini baik untuk ginjal lho karena dapat menyeimbangkan gula dalam darah, menjaga tekanan darah, dan memberikan antioksidan bagi tubuh. Sehingga tanaman ini sering ditemukan pada ramuan gangguan ginjal sejak lama. Dengan mengonsumsi ekstrak kumis kucing ini dapat mendukung fungsi ginjal, Tapi perlu di ingat sebaiknya jika Anda ingin mengonsumsi suplemen kumis kucing konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda.
4. Bawang
Penggunaan garam yang berlebih dalam makanan akan memperberat kerja ginjal. Seseorang yang mengalami disfungsi ginjal, garam tidak akan dicerna dan dibuang dengan baik sehingga berisiko menyebabkan pembengkakan dan retensi cairan. Sehingga bawang ini dapat digunakan sebagai rempah-rempah untuk menambahkan rasa sehingga mengurangi penggunaan garam. Selain itu juga bawang mengandung quercetin yang dapat membantu mencegah kerusakan terhadap ginjal bagi perokok. Sedangkan untuk non-perokok quercetin dan lemak membantu untuk fungsi ginjal dalam menyaring darah dari kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *